Research Results

Hasil Uji Efektivitas Pupuk GLB pada Kelapa Sawit Telah Menghasilkan (TM-2) varietas Tenera 

Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB, Bogor, 2012

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengaruh Pupuk GLB terhadap Jumlah Tandan Kelapa Sawit

 

Setiap perlakuan dengan GLB menghasilkan jumlah tandan rata-rata yang lebih besar dibandingkan dengan kelapa sawit yang hanya menggunakan dosis normal NPK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengaruh Pupuk GLB terhadap Hasil Tandan Buah Segar 

 

Penggunaan 1 dosis GLB tanpa pemupukan NPK menghasilkan hasil panen lebih tinggi dibandingkan kontrol yaitu 24 kg per tandan buah segar. Jumlah ini hampir 2 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kelapa sawit yang menggunakan NPK saja yang menghasilkan 12 kg per tandan. Semua tanaman yang menggunakan GLB menghasilkan jumlah tandan yang lebih banyak dibandingkan dengan yang menggunakan NPK saja. 

Hasil Analisis Usaha Tani Terhadap Penggunaan GLB

 

Hasil Analsis Usaha Tani memperlihatkan bahwa penggunaan 1 dosis penuh GLB ditambah setengah dosis normal NPK mampu menurunkan biaya penanaman dari Rp.479.050 per Ha menjadi Rp.361.075 per Ha. Keuntungan  yang didapat akan semakin besar saat memperhitungkan naiknya hasil panen Kelapa Sawit yang dihasilkan dari penggunaan pupuk GLB. 

.

Perubahan Kandungan Hara Tanah Setelah Percobaan

 

Dalam waktu setengah tahun, terlihat perlakuan P6 yang menggunakan GLB dalam 1 dosis penuh mengalami peningkatkan unsur hara Nirogen (N), Fosfor (P), Kalium (K) dan Karbon (C) terbesar padahal tidak menggunakan pupuk NPK sama sekali. Hal ini menunjukkan bahwa mikroba dalam pupuk GLB mampu mengikat unsur hara-unsur hara di lingkungan dengan sangat baik dan efisien. Sedangkan penggunaan NPK saja kemungkinan terdapat banyak unsur hara yang hilang karena proses lingkungan seperti terbawa air hujan. 

.

© 2014 by Green Life Bioscience